Monday, April 22, 2013

Awas ADA (Patung) POLISI !


Awas ADA (Patung) POLISI !

Pernahkah anda melihat patung yang menyerupai polisi yang sedang berdiri dipinggir jalan? Saya pertama kali melihat patung seperti  itu  di Kota Yogyakarta. Awalnya ketika lampu merah, dari jauh saya melihat di depan seperti ada polisi, namun ketika lampu hijau menyala dan saya mendekat ke arah polisi tersebut, ternyata itu hanya tipuan visual. Apa yang tadi saya kira polisi ternyata hanya sebuah patung. Begitu juga ketika saya ke Semarang, saya melihat hal yang sama. Lalu untuk apa sebenarnya patung tersebut dibuat?

(Sumber Gambar: Google)
Saya pernah mendengar salah satu teman saya berbicara seperti ini, “lewat sini aja, lewat sana ADA POLISI”, “Kalau lewat jalan itu pakai helm, soalnya ADA POLISI”. Paradigma seperti itu masih ada hingga saat ini di masyarakat. Ya, masyarakat kita masih takut dengan satu sosok yang dianggap menakutkan, yaitu polisi. Kita selalu menghindar dari yang namanya Polisi. Namun yang ditakuti hanyalah polisinya bukan hukumnya. Padahal sebenarnya hukum itu dibuat untuk mentertibkan kehidupan masyarakat. 

Harus ada usaha dari pihak kepolisian untuk merubah paradigma seperti itu di masyarakat. polisi diharapkan menjadi sosok pengayom masyarakat, yang setia melayani masyarakat, bukan malah menjadi sosok yang ditakuti. Memang, dalam hal ini polisi menjalankan tugasnya, seperti menindak para pengendara kendaraan di jalan, tetapi mungkin caranya saja yang salah sehingga masyarakat lebih memilih menghindari polisi di jalan. Hal inilah yang harus dibenahi oleh pihak kepolisian. 

(Sumber Gambar: Google)
Baik masyarakat maupun kepolisian harus introspeksi diri. Masyarakat harus diberi pandangan tentang hukum dan fungsi-fungsi hukum, sosialisasi aturan-aturan yang berlaku dan kejelasan sanksi yang berlaku. Begitu juga pihak kepolisian yang harus merubah pandangan masyarakat yang selama ini menjadi momok yang menakutkan. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi harus menghindar dan berkata, “Awas Ada Polisi!”.

No comments: