Tuesday, January 3, 2017

Duka di Awal Tahun 2017

(Sumber foto: Google/Radarpekalongan.com)
Kemeriahan perayaan pergantian tahun tidak selalu berjalan lancar. Tidak jarang pemberitaan tentang rumah yang terbakar akibat petasan, dan rumah yang dirampok karena si pemilik rumah sedang menikmati liburan akhir tahun kerap menjadi pemberitaan langganan pasca perayaan tahun baru. Begitu juga beberapa kejadian yang terjadi di awal tahun 2017 ini, dunia diwarnai dengan beberapa peristiwa duka yang terjadi di beberapa negara.

Di Turki terjadi peristiwa penembakan tepat beberapa jam setelah perayaan pergantian tahun. Peristiwa itu bermula dari seseorang berpakaian sinterklas membawa senapan masuk ke dalam kelab malam di Reina, Istanbul, Turki dan menembak kerumunan orang yang sedang berkumpul. Akibat peristiwa tersebut dikabarkan 39 orang tewas dan 70 orang luka-luka, 15 korban tewas diantaranya adalah orang asing (Kompas, 1/2/17).

Peristiwa duka di awal tahun juga terjadi di Indonesia. Sebuah kapal motor Zahro Express pengangkut penumpang tujuan Pulau Tidung, Kep. Seribu, Jakarta, terbakar di Teluk Jakarta pada 1 Januari 2017 pukul 08.40 WIB. Peristiwa tersebut diawali dengan ledakan kecil di kamar mesin di dek bawah. Dengan cepat asap mengepul dan membuat para penumpang di kapal tersebut panik dan melompat ke laut. Dikabarkan 23 orang meninggal, 17 orang hilang, 17 orang luka-luka, dan 194 orang selamat.

Rentetan peristiwa yang terjadi di awal tahun 2017 diatas mengingatkan kita agar tetap waspada dimanapun kita berada. Agar kejadian serupa tidak terulang, maka alangkah baiknya kita harus tetap waspada sebelum berpergian menikmati akhir tahun bersama keluarga. Persiapan sebelum pergi berlibur itu penting agar liburan kita menyenangkan. Persiapan seperti memperhatikan travel warning baik dari pemerintah negara setempat atau pemerintah dalam negeri, mengecek ramalan cuaca untuk menghindari cuaca buruk, memastikan rumah terkunci, dan persiapan lainnya yang bisa dilakukan untuk keamanan bersama. Tidak jarang perampokan, kebakaran, teroris, menjadi ancaman yang mengganggu liburan awal tahun.

Jangan lupa untuk bersyukur bahwa kita masih diberi kesempatan untuk bisa merasakan pergantian tahun dengan lancar. Disela-sela euforia tahun baru ini, selipkan juga doa untuk mereka yang terkena musibah agar mereka selalu kuat menghadapi ujian hidup yang sedang mereka hadapi. Semoga tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari. 


Cimanggis, 2 Januari 2017

No comments: