Sunday, January 1, 2017

Tahun Baru 2017: Tahun Penuh Keikhlasan


(Sumber Foto: Vemale.com)
Hari ini adalah hari pertama di tahun 2017. Doa dan harapan selalu menjadi catatan pembuka di setiap awal tahun. Resolusi kerap dijadikan target dalam hidup yang harus dicapai. Namun diantara itu semua, jangan lupa untuk menyelipkan satu kata di setiap resolusi yang kita buat, yaitu IKHLAS. Mungkin setiap kita memiliki versi sendiri-sendiri untuk memaknai tahun 2017 yang akan datang, namun penulis menganggap keikhlasan menjadi kunci penting untuk menjalani kehidupan di tahun 2017.

Untuk para siswa SMA yang sedang mempersiapkan Ujian Nasional (UN) dan ujian perguruan tinggi negeri (SNMPTN/SBMPTN), teruslah berharap agar mendapat hasil yang terbaik. Dimanapun kalian mengenyam pendidikan tinggi, Ikhlaslah dalam menjalani itu semua. Tuhan pasti memiliki rencana yang baik menempatkanmu di universitas yang menerimamu.

Tidak lupa penulis mengingatkan juga kepada teman-teman yang sedang mencari kerja, bertekunlah terus dalam doa, dan teruslah berusaha, sambil jangan lupa ikhlas menerima apapun hasilnya. Baik di tempat dengan gaji yang pas-pasan, lokasi kantor yang jauh, maupun jam kerja yang padat, syukuri saja. Jika kamu bisa bersyukur menerima itu semua, maka sebenarnya kamu sudah ikhlas. Begitu juga untuk teman-teman yang dalam waktu cukup lama belum mendapatkan pekerjaan, percayalah ada rencana lain yang Tuhan persiapkan untuk kita.

Untuk teman-teman yang menanti kehadiran jodoh, hendak menikah atau menunggu kelahiran buah hati, ikhlaskan semua kepada Tuhan. Tuhan pasti akan memberikan anugerahnya untuk para umatnya di waktu yang tepat. Jangan pernah mengeluh karena ketidakpastian. Justru ketidakpastian itu ada untuk menguji iman kita.

Pesan khusus juga penulis sampaikan untuk para calon kepala daerah yang akan bertanding di Pilkada serentak Februari 2017 mendatang. Terima dengan ikhlas siapapun yang terpilih, terutama untuk para pendukung, jangan ada lagi tindakan anarkis yang meresahkan warga. Ikhlaskan jika calon yang kita jagokan tidak terpilih. Biarkan pilkada serentak tahun ini berjalan dengan aman, damai, dan lancar, dan mulai bangkit untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi di tahun 2017 ini.
Selamat Tahun Baru 2017! Selamat menjalani hidup dengan ikhlas dan menata hidup yang lebih baik di tahun 2017.




Cimanggis, 1 Januari 2017

No comments: